Jenis Expansion Joint (Siar Muai)

Jenis Expansion Joint

expansion joint dibagi dalam 2 jenis, joint terbuka dan joint tertutup. Joint tertutup dirancang agar kedap air, sedangkan joint terbuka tidak.

Expansion Joint Terbuka

Pada expansion joint terbuka, sistem drainase diletakan di bawah joint untuk mengumpulkan dan membawa air ke pembuangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada struktur beton. Sistem drainase sendiri berbentuk palung dan dibuat dari bahan anti karat.Jenis expansion joint terbuka yang umumdigunakan di Indonesia adalah Butt Joint dan Finger Joint.

BUTT JOINT

Butt joint adalah joint yg menggunakan besi berbentuk siku untuk melindungi tepi beton dari kerusakan akibat kendaraan yang melintas. Joint ini digunakan untuk jembatan dengan small movement, dengan gap maksimum sebesar 25 mm.

Butt Joint dibuat dari besi siku yang disebut armor untuk melindungi bagian tepi beton dan dipasangkan pada beton menggunakan stud atau baut.

Di Negara barat Butt Joint tidak digunakan lagi karena tidak kedap air. Tapi di Indonesia sendiri masih digunakan untuk jembatan-jembatan pendek.

FINGER JOINT

Finger Joint bisa mengakomodasi movement mulai dari 75 mm. Finger Joint terbuat dari baja dan berbentuk seperti 2 sisir yang saling mengikat.
Karena Finger Joint termasuk dalam jenis Joint terbuka, maka diberi drainase di bawah joint.


NEW CUT OFF JOINT (NCOJ)

New Cut Off Joint adalah expansion joint yang menggunakan seal berbahan dasar karet. Seal diletakan diantara gap untuk menahan movement yang terjadi pada jembatan. NCOJ adalah salah satu produk dari Gada Bina Usaha.


ASPHALTIC PLUG JOINT

Siar muai ini dapat terbuat dari karet elastomer khusus, aspal anti oksidasi, anti streeping dan bahan kimia aditif lainnya. Didesain sedemikian rupa sehingga produk siar muai tersebut dikombinasikan dengan komposisi dan sifat masing-masing komponen untuk mendapatkan material yang memiliki sifat ulet, tangguh, elastis, fleksibel, daya lekat tinggi, tahan air dan tahan oksidasi.



Aspaltic plug joint juga merupakan salah satu dari produk Gada Bina Usaha

STRIP SEAL JOINT

Strip Seal Joint berbentuk strip yang terbuat dari elastomer yang dimasukan ke dalam besi yang ditanam ke pelat beton. Strip Seal Joint mempunyai beberapa tipe untuk beragam movement. Ukuran Strip Seal Joint terbesar bisa menangani movement hingga 125 mm, tetapi untuk keamanan kebanyakan orang hanya membatasi hingga 100 mm saja.

Strip Seal Joint adalah salah satu dari beberapa produk expansion joint yang diproduksi Gada Bina Usaha

MODULAR JOINT

Modular Joint berbentuk sepeti gabungan dari dua atau lebih Strip Seal Joint untuk mengakomodasi movement yang sangat besar.



Modular Joint dibuat untuk mengakomodasi movement lebih dari 100 mm. Besarnya modular joint tergantung besarnya movement. Modular joint dirancang untuk jembatan dengan bentang yang panjang dengan kemampuan movement sampai 2 m. Biasanya modular joint digunakan untuk movement antara 150 mm sampai 600 mm. Ada 3 bagian utama dari joint ini, yaitu: sealer, separator beam, dan support bar.

Siar muai / Expansion Joint terbuka (sambungan yang paling sederhana)

Siar muai / Expansion Joint yang kedap air
Siar muai / Expansion Joint yang kedap air dan tertanam
Expantion Joint Berdasarkan besarnya pergerakan:

Small movement range joints < 45mm 
Medium movement range joints 45mm – 130mm 
Large movement range joints > 45mm 
pemilihan tipe sambungan siar muai tergantung pada analisis deformasi translasi akibat rangkak/susut beton, suhu, dan pelaksanaan konstruksi.


Next Post Previous Post
Perlu Informasi terkait penawaran ? Hubungi kami Via WhatsApp
Hello,Ada yang bisa kami bantu? ...
klik disini untuk chat WA...